Penerapan melalui
perencanaan startegis
v
Perencanaan strategis yang berorientasi pasar yaitu
proses manajeral untuk mengembangkan dan menjaga agar tujuan, keahlian dan
sumber daya organisasi sesuai dengan peluang pasar yang terus berubah.
v
Proses
Perencanan Strategis:
Untuk menganalisis lingkungan internal dan
eksternal dapat digunakan Analisa SWOT yaitu Strenghts (memaksimalkan
kekuatan), Weakness (meminimalkan kelemahan), Opportunities (memaksimalkan
peluang) dan Threats (meminimalkan ancaman).
Analisis
SWOT adalah satu pekerjaan yang cukup berat karena hanya dengan itu
alternative-alternatif strategis dapat disusun.
Kegagalan menganalisisnya berarti gagal dalam
mencari relasi dan titik temu antara factor-faktor strategis dalam lingkungan
internal dan yang terdapat dalam lingkungan eksternal, sambil mencari
hubungannya dengan misi, tujuan, dan sasaran ; juga merupakan kegagalan dalam
mempersiapkan suatu keputusan strategic yang baik. Hanya dengan analisis SWOT,
keputusan-keputusan strategis yang baik dapat dihasilkan.
Salah satu model
analisa SWOT yang merupakan rangkuman dari beberapa model adalah diperkenalkan
oleh Kearns (1992) seperti terlihat pada diagram dibawah ini. Diagram ini
menampilkan matrik enam kotak, dua yang paling atas adalah kotak factor
eksternal yaitu peluang dan ancaman, sedangkan dua kotak sebelah kiri adalah factor
adalah factor kotak internal, yaitu kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahan.
Kotak lainnya A,B,C,D merupakan kotak isu-isu strategic yang timbul sebagai
kotak antara factor-faktor eksternal dan internal. Keempat isu strategic itu
diberi nama (A) Comparatif Advantage, (B) Mobilization, (C) Invesment
/ Divestment, (D) Damage Control.
Ada empat strategi yang tampil
dari hasil analisis SWOT tersebut
antara lain :
•
Strategi SO dipakai untuk menarik keuntungan
dari peluang yang tersedia dalam lingkungan eksternal. Para manajer tidak akan
meninggalkan kesempatan untuk memanfaatkan eksternal. Para manajer tidak akan
meninggalkan kesempatan untuk memanfaatkan kekuatannya mengejar peluang yang
dimaksud.
•
Strategi WO bertujuan untuk memperbaiki
kelemahan internal dengan memanfaatkan peluang dari lingkungan luar.
•
Strategi ST akan digunakan organisasi untuk
menghindari, paling tidak memperkecil dampak dari ancaman yang dating dari
luar.
•
Strategi WT adalah taktik pertahanan yang
diarahkan pada usaha memperkecil kelemahan internal dan menghindari ancaman
eksternal.
Penerapan melalui
perencanaan taktis
Salah satu perencanaan taktis
menggunakan konsep Marketing Mix / Bauran Pemasaran
q
Marketing Mix adalah:
a. Perangkat alat pemasaran tektis yang
dapat dikendalikan, yang dipadukan oleh
perusahaan untuk menghasilkan respon
yang diinginkan pasar sasaran.
b. Semua faktor yang dapat dikuasai oleh
seorang manajer pemasaran dalam rangka
mempengaruhi permintaan konsumen
terhadap barang dan jasa.
q
Faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu: Product,
Place, Price, Promotion (4P)
Menerapkan Konsep Pemasaran
dengan Membangun Kepuasan Pelanggan Pelanggan Melalui Kualitas, Pelayanan, dan
Nilai
Pelanggan adalah pihak yang memaksimumkan nilai ;
para pemasar harus menentukan jumlah nilai bagi pelanggan dan jumlah biaya yang
ditawarkan setiap pesaing untuk mengetahui bagaimana posisi penawaran mereka
sendiri.
Kepuasan pelanggan
merupakan fungsi dari pandangan terhadap kinerja produk dan harapan pembeli.
Banyak perusahaan yang bertujuan TCS – total customer satisfaction. Sehingga
para manajer pemasaran mempunyai tanggung jawab yang terpusat pada kualitas,
yaitu mereka harus berpartisipasi dalam merumuskan strategi dan kebijakan yang
dirancang untuk membantu perusahaan agar unggul dalam persaingan melalui
keistimewaan kualitas total termasuk kualitas pemasaran dan kualitas produksi.
Mengapa mementingkan pelanggan ?
•
Pelanggan
adalah orang yang penting dari segala urusan bisnis,
•
Pelanggan tidak tergantung kepada perusahaan,
tetapi perusahaanlah yang tergantung pada mereka
•
Pelanggan membentu perusahaan dan pantaslah
mendapat pelayanan dari perusahaan dengan baik
•
Pelanggan bukanlah benda yang dapat dihitung
dengan statistic ; pelanggan adalah manusia yang hidup dan memiliki perasaan
dan emosi
•
Pelanggan
bukanlah seseorang yang dapat didebat dan dipermainkan seleranya
•
Pelanggan
adalah mereka yang dating dengan keinginan, kebutuhan dan harapan dengan
demikian tugas perusahaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
Bagaimana mengetahui, mengukur
atau memantau kepuasan pelanggan ?
Ada beberapa metode yang dapat
digunakan, antara lain ;
•
System keluhan dan saran ; contoh : menyediakan
kotak saran dan keluhan, kartu komentar, customer hot lines
•
Survey kepuasan pelanggan ; contoh : dengan
questioner baik dikirim lewat pos ataupun diberikan pada saat pelanggan
berbelanja; pembicaraan secara pribadi lewat telepon ataupun wawancara langsung
•
Lost Customer Analysis ; perusahaan
menghubungi para pelanggan yang telah berhenti membeli dari perusahaan atau
mereka yang telah beralih ke pesaing
•
Ghost Shopping : perusahaan menggunakan
Ghost Shopper untuk mengamati kekuatan dan kelemahan produk serta pelayanan
perusahaan dan pesaing.
•
Sales related methode : kepuasan pelanggan diukur dengan
criteria pertumbuhan penjualan, pangsa pasar dan rasio pembelian ulang
•
Customer panels : perusahaan membentuk panel pelanggan yang
nantinya dijadikan sample secara berkala untuk mengetahui apa yang mereka
rasakan dari perusahaan dan semua pelayanan perusahaan.
Perusahaan perlu memperhatikan
kepuasan pelanggan, karena banyak manfaat yang dapat diambil perusahaan, antara
lain:
•
Reputasi
perusahaan semakin positif di mata masyarakat pada umumnya dan pelanggan pada
khususnya
•
Dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan
•
Memungkinkan terciptanya rekomendasi dari mulut
ke mulut (word of mouth) yang menguntungkan bagi perusahaan sehingga
semakin banyak orang yang membeli dan menggunakan produk tersebut
•
Meningkatkan keuntungan
•
Mendorong setiap anggota organisasi untuk
bekerja dengan tujuan serta kebanggaan yang lebih baik
KIAT MENANGANI KELUHAN
PELANGGAN
Dalam hal ini terjadi
ketidakpuasan, ada beberapa kemungkinan tindakan yang bisa dilakukan pelanggan,
dapat dilihat gambar di bawah ini :
www.tekanini.com/mulyantinyurl.com/3kanjq6tinyurl.com/3mtnbjwtinyurl.com/3wvz5vjwww.Beli-Rumah.net/?id=mulyan
Artikelnya Baguss....
ReplyDeletePada dasarnya bauran pemasaran adalah dasar dari perusahaan dalam menentukan strategi lanjtan pemasaran dalam rangka memenangkan pasar. Dengan adanya konsep bauran pemasaran ini perusahaan memiliki arah yang jelas dalam pencapaian target pemasarannya.
Sekedar ingin berbagi, barangkali bisa sedikit menambah referensi mengenai aplikasi konsep bauran pemasaran
Klik --> Makalah Aplikasi Bauran Pemasaran Pada Bank BNI