Definisi Pemasaran :
-
Suatu
proses dan manajeral yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan
produk yang bernilai kepada pihak lain.
-
Segala kegiatan yang menyangkut penyampaian produk
atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen.
Peranan pemasaran :
•
Peranan pemasaran saat ini tidak hanya
menyampaikan produk atau jasa hingga tangan konsumen tetapi juga bagaimana
produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan
menghasilkan laba.
Sasaran pemasaran :
Ø
Menarik pelanggan baru dengan menjanjikan nilai
superior
Ø
Menetapkan harga menarik
Ø
Mendistribusikan produk dengan mudah
Ø
Mempromosikan secara efektif
Ø
Mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan
tetap memegang prinsip kepuasan pelanggan
Definisi management pemasaran :
v
Suatu usaha untuk merencanakan,
mengimplementasikan yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan,
mengkoordinir serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu
organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif.
Fungsi management pemasaran :
Di dalam fungsi manajemen
pemasaran ada kegiatan menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk
mengetahui pasar dan lingkungan pemasarannya, sehingga dapat diperoleh seberapa
besar peluang untuk merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus
dihadapi.
Komponen fungsi pemasaran :
a. Perencanaan
ü
Penentuan
segala sesuatu sebelum dilakukan kegiatan-kegiatan pemasaran
ü
meliputi
: tujuan, strategi, kebijaksanaan serta taktik yang dijalankan.
ü
Tujuan
:
Í
Meniadakan
ketidakpastian masa datang bila ada perubahan- perubahan karena situasi dan
kondisi perusahaan maupun diluar perusahaan maupun diluar perusahaan tidak
menentu.
Í
Karena
tujuan organisasi sudah difokuskan maka dengan perencanaan akan menghindari
adanya penyimpangan tujuan.
Í
Reancana
walaupun mahal tetapi ekonomis karena segala kegiatan telah terfokuskan dengan
segala biaya- biayanya.
b. Implementasi
pemasaran
ü
Proses
yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk
mencapai sasaran.
ü
Implementasi
yang sukses tergantung dari beberapa kegiatan kunci yaitu:
ü
Pengorganisasian
kegiatan pemasaran
Í
Proses
menciptakan hubungan antara fungís personalia dan factor fisik (sarana), agar
kegiatan pemasaran yang harus dilaksanakan bisa mancapai tujuan yang benar
Í
Meliputi
: pembagian kerja, wewenang, tanggung jawab dan pelaporan kerja.
ü
Pengarahan
kegiatan pemasaran
Í
Usaha
yang berhubungan dengan segala sesuatu kegiatan pemasaran agar semuanya itu
dapat dilakukan dengan baik
Í
Meliputi: pemberian perintah secara baik, Motivasi, Kepemimpinan
ü
Pengkoordinasian
kegiatan pemasaran
Í
Usaha
meng-sinkronkan dan menyatukan segala kegiatan pemasaran dalam organisasi agar
tercapai tujuan yang efektif dan efesien
Í
Meliputi: diadakan prosedur yang terang dan jelas dan ditentukan tanggal penyelesaian
- Pengendalian / Evaluasi Kegiatan Pemasaran
ü
Usaha
memberikan petunjuk pada para pelaksana agar mereka selalu bertindak sesuai
dengan rencana, meliputi :
1.
Penentuan
Standard
2.
Supervisi
kegiatan atau pemeriksaan
3.
Perbandingan
hasil dengan Standard
4.
Kegiatan
mengkoreksi Standard
Kegiatan pengendalian / evaluasi diatas dapat dikelompokkan dua macam :
- Pengendalian operasional termasuk memeriksa kinerja yang sedang berlangsung terhadap rencana tahunan dan mengambil tindakan perbaikan kalau perlu.
- Pengendalian strategik meliputi pengamatan apakah strategi dasar perusahaan sesuai dengan peluang yang terbuka.
KEBUTUHAN
q
Kebutuhan
manusia adalah pernyataan dari rasa kehilangan, dan manusia mempunyai banyak
kebutuhan yang kompleks (kebutuhan fisik, rasa aman, aktualisasi diri,
sosialisasi, penghargaan, kepemilikan )
q
Semua
kebutuhan berasal dari masyarakat konsumen, bila tidak puas consumen akan
mencari produk atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut.
KEINGINAN
q
Keinginan adalah bentuk obyek yang akan memuaskan kebutuhan mereka atau keinginan adalah
hasrat akan penawar kebutuhan yang spesifik.
PERMINTAAN
q
Permintaan,
yaitu keinginan menusia akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan
ketersediaan untuk membelinya.
PRODUK (ORGANISASI, JASA IDE)
q
Produk merupakan sesuatu kepada pasar untuk diperhatikan, untuk dimiliki atau dikonsumsi
sehingga konsumen dapat memuaskan kebutuhan sekaligus keinginannya.
NILAI PELANGGAN
q
Nilai
bagi pelanggan adalah selisih antara nilai total yang dinikmati pelanggan karen
memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya total yang menyertai produk
tersebut.
q
Nilai
total antara lain nilai dari produk, jasa, personil pemasar, biaya waktu, biaya
energi yang dikeluarkan, biaya psikis.
KEPUASAN PELANGGAN
q
Kepuasan
pelanggan tergangtung pada anggapan kinerja produk dalam menyerahkan nilai
relative terhadap harapan pembeli
MUTU
q
Kepuasan
pelanggan berkaitan erat dengan mutu, yang saat ini ada istilah Total Quality
Management (TQM) yaitu program yang dirancang untuk memperbaiki mutu produk,
jasa dan proses pemasaran secara terus menerus
PERTUKARAN
q
Pertukaran
adalah tindakan untuk memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan
menawarkan sesuatu sebagai imbalan
TRANSAKSI
q
Transaksi
adalah perdagangan antara dua pihak, yang paling sedikit melibatkan dua macam
nilai, persetujuan mengenai kondisi, waktu dan tempat.
HUBUNGAN
q
hubungan
adalah praktik membangun hubungan jangka panjang yang memuaskan dengan
pihak-pihak pelanggan, pemasok (supplier), penyalur (distributor), guna
mempertahankan bisnis jangka panjang mereka
JARINGAN
q
Jaringan
terdiri dari perusahaan dan semua pihak-pihak pendukung ; pelanggan, suplier,
distributor, pengecer, agen iklan, ilmuwan dan pihak lain yang bersama-sama
dengan firm telah membangun hubungan bisnis yang saling menguntungkan.
PASAR
q
Pasar
terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan
tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan mampu melaksanakan pertukaran
untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.
PEMASAR DAN CALON PEMBELI
q
Seseorang
yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang akan terlibat dalam pertukaran
tersebut. Calon pembeli adalah seseorang yang diidentifikasikan oleh pemasar
sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu terlibat dalam pertukaran
tersebut.
Filosofi management pemasaran :
Dalam Kotler (1997), mengemukakan
ada 5 filosofi dalam manajemen pemasaran:
1. KONSEP PRODUKSI


a.
bila
permintaan akan produk lebih besar dari penawannya ;
b.
terjadi
kalau biaya produk terlalu tinggi dan perbaikan produktifitas diperlukan untuk
menurunkannya.
2. KONSEP PRODUK

3. KONSEP PENJUALAN


4.KONSEP PEMASARAN

Keterangan : pemasaran terpadu terdiri dari kegiatan pemasaran eksternal
yaitu pemasaran yang ditujukan kepada orang-orang di luar perusahaan dan
kegiatan internal merupakan kegiatn mengenai keberhasilan dalam menerima,
melatih dan memotivasi karyawan yang memiliki kemampuan dan ingin melayani
pelanggan dengan baik.
Mengapa konsep pemasaran mulai diberlakukan?
- Penjualan
mulai turun
-
Pertumbuhan
produk melambat
-
Pola
pembelian yang berubah
-
Persaingan
yang meningkat.
-
Biaya
penjualan meningkat. Perusahaan mandapati pengeluaran mereka untuk iklan,
promosi penjualan terasa lepas kendali sehingga manajemen memutuskan untuk
melakukan audit pemasaran untuk menyempurnakan konsep mana yang akan dipakai.
5. KONSEP
PEMASARAN BERWAWASAN SOSIAL
Konsep ini mengajak pemasar membangun pertimbangan
sosial dan etika dalam praktek pemasaran
mereka. Hal ini agar dapat menyeimbangkan dan menyelaraskan 3 faktor yang penting, yaitu : laba
perusahaan, pemuas keinginan konsumen dan kepentingan publik.www.tekanini.com/mulyantinyurl.com/3kanjq6tinyurl.com/3mtnbjwtinyurl.com/3wvz5vjwww.Beli-Rumah.net/?id=mulyan
No comments:
Post a Comment